Imron, M.Pd

Guru SMAN 1 Lasem dan founder SMK Cendekia Lasem. Saat ini sudah selesai menulis 3 buah buku. Satu buku dengan Judul Literasi dan Sekolah Penggiran ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Hebat Bisa Dari Mana Saja

Guru menerangkan, siswa menyimak atau mencatat penjelasan sang guru. Mendobrak pendidikan kaku. Setyo Purnomo, seorang guru sekolah swasta di Kabupaten Kendal selalu mengutamakan kejujuran melalui nilai kejujuran yang diajarkan kepada siswanya. Pada bulan Januari 2010, bersama teman seperjuangannya yang bernama Sigit Hariadi, meluncurkan KGOS (Kendal Goes Open Source) dengan menghadirkan Onno W. Purbo. Mereka berdua bercita-cita meninggalkan cara usang dala pendidikan di Indonesia. Menurutnya, kejujuran adalah modal darr untuk hidup bermasyarakat dan sukses dalam pencapaian apa pun.

Uraian di atas hanyalah salah satu gambaran dari kisah 12 kisah inspiratif bagi para guru di Indonesia. Dari 12 tokoh yang diceritakan, ada juga kisah seorang desa yang ingin sukses dengan membuat suatu lembaga yang dapat diisi dari anak-anak dari warga kurang beruntung. Akhirnya, sekolah tersebut direalisasikan pada tahun 2012. Sekolah tersebut didirikan dengan tujuan mengintegrasikan kemampuan soft skill dan lift skill bagi warga sekolah tersebut. Salah satunya, dengan menggandeng sebuah pondok pesantren di sebuah desa yang jauh dari pusat kota.

Dari cerita yang ditulis dengan bahasa yang sederhana, dikisahkan pula seorang guru yang sukses menjadi Kepala Sekolah di suatu sekolah swasta ternama. Padahal, yang bersangkutan hanyalah seorang tukang kebun. Selesai tugas sebagai tukang kebon, malamnya belajar otodidak tentang komputer. Sampai saat ini, tokoh tersebut sukses mengawal Dapodik Kemendikbud RI.

Dikisahkan pula, seorang yang gemar ilmu sains. Rumahnya disulap menjadi laboratorium sains di pinggiran kota Jakarta, tepatnya di daerah Ciputat. Bahkan, ada pula kisah seorang guru SMP suatu sekolah negeri di Semarang yang sukses sampai level internasional. Guru tersebut sukses menjadi guru inspiratif tingkat Asia Pasific. Dalam perjalanannya, sekarang menjadi salah satu Widyaiswara di LPMP Jawa Tengah.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh guru-guru yang selalu ingin menjadi lebih baik. Dengan smapul warna kuning cerah dan tidak begitu tebal, membuat membacanya lebih nyaman.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah sangat inspiratif semua kisahnya pak

22 Sep
Balas



search

New Post